Wednesday, January 20, 2016

Beras Terbaik untuk Keluarga Sehat



Anda tentu masih ingat dengan kasus beredarnya beras plastic di Indonesia. Oleh karena itu, Anda wajib memilih dengan baik untuk mendapatkan berasterbaik. Sebagai makanan pokok orang Indonesia, dalam membuat nasi tentu Anda harus menyiapkan beras sebagai bahan makanan di rumah. Tidak semua orang memiliki sawah untuk menanam sendiri padi sebagai sumber beras mereka. Masih banyak orang, terutama di daerah perkotaan yang mengandalkan membeli beras tersebut.
Untuk memilih beras terbaik Anda harus mengetahui ciri-cirinya. Pandan Wangi merupakan jenis beras ternama di Indonesia yang memiliki aroma khas. Jenis beras inilah yang banyak dibeli dan dikonsumsi masyarakat kita. Untuk mengetahui beras tersebut layak dikonsumsi, bebas dari bahan pewangi buatan maka yang harus dilihat adalah bentuknya. Jenis beras beraroma khas ini memiliki bentuk yang cenderung bulat, tidak panjang. Jika Anda menemukan beras yang panjang dan wangi, maka Anda harus waspada. Ciri lainnya dari beras ini yaitu warnanya yang bening kekuningan, bukan putih. 

Selain Pandan Wangi, jenis beras terbaik lainnya yang sering dikonsumsi orang Indonesia adalah jenis Rojolele. Tidak seperti Pandan Wangi, beras ini tidak memiliki wangi khas. Namun, warnanya putih susu dengan bentuk yang cenderung membulat. Selain kedua beras tersebut, beras lainnya pun bisa saja dicampur dengan berbagai kimia agar penampilan beras semakin bersih dan menarik. Mulai dari pelican, pewangi, pemutih, bahkan pembunuh kutu berasnya. 

Mengingat begitu berbahayanya penggunaan zat kimia tersebut, maka sebaiknya Anda hindari pembelian beras di jual beras online karena tidak bisa mengenal ciri-ciri kealamiannya secara langsung. Apalagi jika Anda tergoda karena harga beras murah. Jangan sampai Anda mempertaruhkan kesehatan dan keamanan makanan keluarga Anda hanya karena harga murah tersebut. Ada baiknya Anda membeli di pejual langsung. Raba beras tersebut, cium baunya, dan perhatikan warnanya. Jika ada hal yang ganjil, maka Anda wajib mencari pedagang lain yang lebih terpercaya. 

Beras terbaik yang berkualitas ternyata bisa juga berkurang dan hilang kualitasnya karena beberapa faktor. Misalnya, Anda menyimpannya lebih dari satu bulan. Beras akan mengeluarkan bau tidak sedap. Jika saat pembelian, Anda membeli beras kurang berkualitas dengan pengeringan yang belum maksimal, maka bau yang akan ditimbulkanpun akan semakin apek. 

Penurunan kualitas beras yang terlalu lama disimpan juga ditunjukan oleh adanya guratan yang memanjang pada permukaan beras yang membuat reksturnya berubah. Terjadi penebalan berupa serbuk putih yang menempel pada beras tersebut. Terakhir, jika Anda mulai melihat kutu-kutu pada berasterbaik tersebut, walaupun tandanya beras bebas bahan kimia dengan adanya kutu pada beras yang lama disimpan menunjukan jika kualitas beras sudah menurun dan tidak layak lagi dikonsumsi.

No comments:

Post a Comment