Sunday, January 24, 2016

Minyak Goreng Sehat untuk Kualitas Hidup Lebih Baik

Dapatkan tubuh yang sehat dengan minyak goreng sehat. Memilih minyak goreng tidak boleh asal. Setidaknya, semua kriteria minyak goreng yang berkualitas harus dimiliki minyak goreng yang Anda gunakan tersebut. Mulai dari rendahnya kandungan lemak jenuh, warna minyak harus bening, rasanya seperti air ketika diminum, komposisi untuk sajian per kemasannya, hingga tanggal kadaluarsa dari produk minyak goreng tersebut yang tidak boleh terlewat.
Sebagian masyarakat ada yang memilih harga minyak goreng murah sebagai minyak gorengnya. Faktor ekonomi pun menjadi alasannya dimana minyak goreng yang murah tersebut bisa digunakan untuk penggunaan waktu yang lebih lama. Padahal, memperhatikan kandungan lemak jenuhnya lebih penting dari harga tersebut. Minyak goreng murah cenderung memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi yang berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan minyak goreng berkualitas berlomba-lomba memproduksi minyak gorengsehat dengan kandungan lemak jenuh paling rendah. Kesadaran masyarakat akan kesehatan berperan besar dalam pengecekan kadar lemak jenuh dari minyak goreng tersebut. Anda bisa mengujinya di rumah dengan cara memasukannya ke dalam freezer. Jika minyak goreng yang Anda beli dari jual minyak goreng terbaik tersebut lebih cepat membeku dibanding minyak goreng lainnya, maka minyak goreng Anda lah yang memiliki kadar lemak jenuh paling tinggi.
Kedua, dalam mendapatkan minyak goreng sehat, Anda bisa melihatnya dari warna. Kualitas minyak goreng semakin baik ketika warnanya semakin bening keemasan. Awalnya, cara membedakan ini diketahui sebagai mitos saja. Namun, pengujian ilmiah juga mampu membuktikannya. Secara logika, artinya sifat minyak goreng tersebut semakin mirip dengan air. Anda pun dapat meminumnya dan merasakannya langsung. Jika rasanya seperti air yang tawar tanpa terasa berbekas di tenggorokan, maka kualitas minyak goreng tersebut tidak perlu diragukan.
Periksa komposisi yang tercantum dalam kemasan minyak goreng sehat yang Anda beli. Minyak goreng berkualitas memiliki takaran gizi baik per takaran saji maupun per kemasan sesuai aturan BPOM. Anda harus teliti karena tidak jarang produsen minyak goreng bermain curang. Ketelitian melihat per takaran saji bukan hanya melihat takaran nila gizinya tapi juga kesesuaian dari isi minyak dalam kemasan tersebut.
Terakhir, lihat tanggal kadaluarsa yang biasa dicantumkan bersama kode produksi pada bagian belakang kemasan, bagian bawah, atau atasnya. Agar bisa berhemat dengan minyak goreng tersebut, maka pilih minyak goreng yang tanggal kadaluarsanya masih jauh. Tapi, tetap sesuaikan juga kebutuhan tersebut dengan pemilihan ukuran atau isi dari kemasan minyak goreng tersebut. Anda bisa memilih membeli minyak goreng dalam kemasan plastik atau kemasan refill. Minyak goreng dalam botol cenderung lebih mahal karena harga kemasan botol tersebut. Anda cukup tuangkan minyak goreng kemasan plastik tersebut ke dalam botol penyimpanan atau botol bekas minuman dari kaca atau plastik untuk menghemat budget belanja. Memiliki harga yang sedikit mahal, bukan berarti dengan menggunakan minyakgoreng sehat tersebut Anda tidak bisa hemat.

No comments:

Post a Comment